Wisata Budaya di Malang Raya yang Bisa Anda Kunjungi

Malang dikenal sebagai kota 24 jam, mulai dari pagi hingga malam banyak destinasi wisata dan kuliner yang bisa ditemui. Selain wisata alamnya yang sangat indah dan alami, Malang kaya akan warisan budaya yang dapat menyuguhkan keindahan dan pengetahuan bagi wisatawan. Apa saja ya warisan budaya yang ada di Malang?

Warisan dari Kerajaan Hindu-Buddha di Malang

Salah satu kota tua yang banyak memliki peninggakan bersejarah dari kerajaan Hindu-Buddha adalah Malang. Begitu banyak peninggalan seperti Candi dan Arca yang bisa kita temui di hampir berbagai sudut wilayah Malang.

Apakah kalian tahu kalau Malang memiliki nama kuno pada masa kerajaan Hindu-Buddha? Dulu Malang dikenal dengan nama Tumapel. Pada masanya Tumapel menjadi daerah kadipaten yang besar dan berpengaruh bagi wilayah lainnya di Jawa bagian Timur.

Terdapat beberapa kerajaan Hindu-Buddha yang ada di Malang dan nantinya kerajaan tersebut menjadi kerajaan yang sangat besar dan memiliki pengaruh bagi sejarah Nusantara, Kerajaan-kerajaan yang besar itu meninggalkan bangunan Candi yang sangat megah dan menawan.

Beberapa bangunan candi yang ada di Malang antara lain, Candi Singosari, Candi Sumberawan, Candi Kidal, Candi Bocok, Candi Jago, Candi Jawar, dan Candi Badut.

Salah satu bangunan Candi yang sangat dikenal adalah Candi Singosari, peninggalan yang satu ini terletak di Jl. Tunggul Ametung No 4, Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Singhasari, Candi Singosari didirikan sebagai perwujudan dari raja Kertanegara yang merupakan salah satu raja terbesar dan terakhir pada masa Kerajaan Singhasari.

Letaknya yang strategis dan terletak di dekat jalan raya membuat Candi Singosari sering dikunjungi oleh wisatawan, selain aksesnya yang mudah dijangkau, Candi Singosari juga terletak di daerah padat sekolah sehingga banyak dari golongan pelajar maupun guru yang berkaryawisata atau melakukan kunjung sejarah ke situs peninggalan Kerajaan Singhasari tersebut.

Candi lainnya yang tak kalah menawan adalah Candi Sumberawan, candi ini juga terletak di Kecamatan Singosari, tepatnya di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Objek sejarah yang satu ini juga dikenal dengan nama Candi Rawan, selain menyuguhkan pengetahuan mengenai sejarah, candi ini juga banyak diminati oleh pengunjung karena keindahan dan keasrian lingkungan sekitar candi.

Lokasinya yang berada di pedalaman dan terletak di daerah konservasi air membuat panorama di sekitar candi sangat alami. Konon sumber air di Candi ini adalah sumber air keabadian. Apakah kalian percaya? Coba saja datang ke destinasi budaya satu ini.

Selain dua Candi ini masih banyak candi lainnya yang bisa kamu kunjungi di Malang. Tertarik dengan suguhan wisata budayanya?