Tips Ampuh Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Dibaca

Sebagian orang berpendapat bahwa menulis artikel itu mudah dilakukan hanya menuangkan apa yang ada dikepalanya dalam sebuah tulisan kemudian terbentuklah artikel. Tapi, sebagian orang lainnya merasa kesulitan dalam membuat artikel. Ada yang bisa, tapi tidak menarik untuk dibaca, terlalu bertele-tele dan tidak kaya akan informasi.

Akhir-akhir ini, semua orang pasti akrab dengan tulisan atau ulasan yang muncul di berbagai media maupun media sosial yang ada. Bahkan tulisan yang kebenarannya tidak sesuai fakta atau yang sering disebut hoax pun banyak yang berminat membaca dan ikut menyebarkannya karena termakan tulisan pembuat hoax.

Tulisan-tulisan tersebut mungkin dapat disebut artikel. Artikel merupakan karangan pendek yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata yang membahas tema tertentu tujuannya untuk menyampaikan pikiran yang dapat meyakinkan, menghibur, dan mendidik.

Langkah-Langkah Menulis Artikel

  1. Mentukan tema. Tema tulisan Anda harus spesifik. Semakin spesifik tulisan Anda semakin menarik pula minat pembaca. Tetapkan tujuan dari penulisan. Banyak artikel yang tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan menyatakannya secara tersirat.
  2. Merumuskan ide pokok atau masalah. Pada bagian ini dapat menggunakan rangka ide pokok per paragrafnya. Misalnya Anda akan menerangkan masalah diawal paragraf, contoh masalah, penyebab, dan dampak ditengah paragraf, serta solusi diakhir paragraf.
  3. Mempelajari referensi. Langkah selanjutnya dalam membuat artikel yaitu mempelajari referensi tentang topik yang Anda tentukan. Anda perlu mengumpulkan sumber bacaan lain untuk menulis artikel Anda sendiri seperti referensi dari buku, artikel website, jurnal ilmiah atau berita.
  4. Membuat kesimpulan. Kesimpulan mudah dibuat. Anda dapat membuatnya dengan baik apabila alur artikel Anda benar.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan pada Artikel

Cara menulis artikel sebenarnya tidak begitu rumit, namun hanya perlu membiasakan diri dalam melakukannya. Karena hal apa pun sebenarnya harus dimulai dengan sebuah kata pertama, artinya Anda harus memulai untuk bisa memahaminya. Berikut hal-hal yang harus ada pada artikel:

  1. Unsur 5W+1H .
    Unsur itu meliputi what(apa yang dibahas), when(kapan), who(siapa yang bercerita atau menceritakan siapa), where(dimana tempatnya), why(kenapa persoalan dapat terjadi), how(bagaimana persoalan itu terjadi dan dapat diselesaikan).
  2. Sesuai fakta yang ada.
    Artikel terdiri dari dua jenis yaitu Fiksi dan Nonfiksi. Pada artikel Nonfiksi Anda harus membuatnya sesuai fakta yang ada. Bagaimana cara mengetahui itu fakta atau bukan, lakukanlah cek dan ricek dari berbagai sumber hingga didapatkan artikel dari dua sudut pandang yang berbeda atau sering disebut cover both side.. Pentingnya mengemukakan hal sesuai fakta, karena saat ini undang-undang di negara kita sangat ketat tentang UU ITE sehingga apabila menulis berita bohong atau hoax sanksinya dapat dipenjara.
  3. Jangan Menyinggung Personal atau Kelompok
    Semua orang bebas untuk menulis apa saja yang ia inginkan. Namun tetap tulislah yang bermanfaat bagi khalayak umum, bukan yang berisi memojokkan seseorang atau kelompok tertentu. Apabila tulisan Anda menyebabkan permusuhan, Anda dapat melanggar hukum sehingga berhadapan dengan pihak berwajib.

Hal lainnya yang jangan sampai dilewatkan dapat Anda terapkan dalam menulis artikel contohnya, hindari terlalu banyak menulis di awal, karena mungkin dapat membuat Anda buntu jika belum terbiasa. Selanjutnya, pilihlah tema yang familiar dengan Anda sehingga Anda dapat lebih menguasai hal tersebut.

Dan yang terakhir, jangan berhenti berlatih, sebab menulis ini bukanlah skill yang dikuasai secara instan, semuanya butuh proses latihan dan pembiasaan. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam membuat artikel dengan baik dan bagus.