Resep Rahasia Cara Artikel Tampil Halaman Pertama di Google

Pencapaian tertinggi seorang penulis artikel adalah artikel yang dibuatnya tampil halaman pertama di google. Sekitat 75% pengguna hanya memperhatikan hasil pencarian google pada halaman pertama saja mungkin salah satunya Anda.

Lalu bagaimana caranya artikel berada tampil di posisi teratas di google? Pada dasarnya semua artikel dapat memasuki halaman utama di google asalkan artikel yang dibuatnya mengikuti tata cara SEO (Search Engine Optimized).

Langkah Langkah yang Harus Anda Lakukan Agar Artikel Tampil di Halaman Pertama Google

1. Pilihlah keyword yang tepat

Sebelum Anda membuat artikel pastikan Anda sudah menentukan keyword yang akan Anda pilih. Pilihlah keyword yang kemungkinan besar akan banyak di cari orang, oleh karena itu Anda harus paham siapa audiens Anda.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui keyword yang biasa mereka cari di mesin pencarian google. Tidak hanya itu Anda perlu mengetahui volume pada keyword, caranya pilihlah beberapa keyword yang Anda targetkan lalu bandingkan di google trend.

Selain itu cara yang paling mudah untuk mengecek volume dari keyword, Anda bisa menggunakan bantuan pihak ketiga seperti situs neilpatel, semrush dan lain-lain.

2. Perhatikan komponen penting URL, Judul, dan heading

Jika ingin artikel Anda muncul di halaman utama pastikan Anda memerhatikan kompenen penting yaitu URL, Judul , dan heading.

Mari kita bahas URL terlebih dahulu, biasanya sisitem akan otomatis membuat link artikel seperti https://www.sahabatartikel.com/2018/08/jasa-penulis-artikel-di-jogja/ Terlalu panjang bukan? Lebih singkat URL Anda lebih baik, Anda dapat mempersingkatnya seperti https://www.sahabatartikel.com/2018/08/jasa artikel jogja

Kedua judul, Judul merupakan bagian utama yang akan di crawl oleh google untuk topik suatu artikel. Jika Anda tidak memaksimalkan keyword dijudul artikel sama saja membuat pengunjung menbak-nebak tema postingan Anda.

  • Lalu bagaiman penulisan judul yang baik?
  • Pasang keyword yang banyak diminati
  • Menggunakan keyword long tail atau panjang pada judul
  • Buat judul dengan kata yang membuat penasaran dan semenarik mungkin

Setelah memastikan keyword berada dijudul selanjutnya pastikan keyword ada risalah satu heading artikel. Namun perlu diingat masukkan keyword sewajarnya jangan berlebihan minimal 4 maksimal 7.

Heading juga membantu pembaca untuk menemukan garis besar atau inti bahasan dari artikel yang dibacanya. Sehingga dapat membantu artikel Anda tampil di posisi pertama halaman google.

3. Manfaatkan link internal dan external

Penggunaan link pada artikel sangat penting baik itu internal ataupun external. Link pada artikel dapat menyumbang trafik lebih pada artikel yang sebelumnya Anda sudah buat.

Link internal merupakan link yang merujuk pada salah satu artikel yang Anda buat di blog Anda sendiri. Sedangkan link external adalah link yang merujuk ke situs selain blog Anda. Kedua penempatan link ini pada artikel Anda memiliki fungsinya dan manfaatnya masing-masing.

Link internal berfungski untuk membuat pembaca mengexplor artikel-artikel lain yang sudah Anda buat, sedangkan link external sebagai perujuk situs yang Anda ambil berupa penelitian, statistic, kutiapan, dan lain-lain.

4. Pastikan artikel yang Anda buat ringan ketika dibuka

Artikel yang ringan memudahkan pembaca untuk mengaksesnya. Kecepatan loading artikel Anda adalah salah satu cara agar artikel menempati posisi pertama di google. Ada beberapa cara untuk mempercepat loading pada artikel Anda.

Masukan gambar pada artikel dengan ukuran yang kecil dengan cara mengkompresnya maksimal 20kb untuk membuat arikel Anda ringan. Jangan lupa menggubah nama file gambar yang diunggah dengan keyword yang kamu gunakan atau dengan judul artikel. Hal ini dapat memudahkan google untuk menyesuaikan gambar dengan artikel.

5. Cari backlink berkualitas

Backlink adalah sebutan untuk sebuah tautan/link yang mengarah ke artikel kita. Backlink dapat dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau hanya untuk menambah trafik pada artikel yang Anda buat.

6.Perhatikan kualitas konten

Terakhir perhatikan kualitas konten yang Anda buat. Kualitas sebuah artikel dapat dilihat dari kenyamanan pengunjung untuk membacanya. Untuk membuat konten Anda lebih berkualitas Anda harus memerhatikan hal-hal berikut ini:

Struktur artikel yang jelas: Secara umum struktur artikel dibagi menjadi 3 yaitu bagian pembuka, isi, dan kesimpulan. Dengan menggunakan struktur ini akan memudahkan Anda untuk menulis artikel.

  • Perhatikan panjang artikel: Panjang sebuah artikel minimal 300 kata untuk sebuah blog.
  • Perhatikan bagian pembuka artikel: Pada bagian pembuka artikel Anda harus meyakinkan bahwa artikel yang dibaca pengunjung akan bermanfaat bagi dirinya.
  • Paragraf singkat: Paragraf yang pendek pada artikel akan memudahkan pembaca memahimi isi artikel.
  • Tulis dengan spesifik: Ketika membuat artikel Anda harus memastikan memiliki alur yang saling berhubungan dan relevan.

Itu tadi resep rahasia yang dapat kamu lakukan untuk mendongkrak artikel yang kamu buat agar tampil di halaman utama google. Perlu diingat konsistensi dan pantang menyerah juga dalam membuat artikel Akan berdampak baik pada kualitas artikel yang kamu buat.