Mandeknya Liga Indonesia dan Kegiatan Para Pemain di Tengah Pandemi Corona

Hampir 2 bulan kompetisi liga sepak bola di Indonesia dihentikan karena wabah corona. Pihak federasi mengumumkan penundaan Liga tersebut sejak tanggal 23 Maret 2020. Salah satu liga utama yang digelar di Indonesia yakni Shopee Liga 1 2020 baru saja menggelar 3 pertandingan langsung diberhentikan oleh Federasi dikarenakan pandemi ini.

Sementara itu pertandingan masih menyisakan 31 laga lagi yang belum pasti apakah dilanjutkan atau berakhir sampai akhir tahun ini.

Meski begitu Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan kapan akan digulirkannya kembali Liga 1 dan 2 tersebut, ia menunggu hingga akhir Mei 2020 ini untuk memutuskan keberlanjutan kompetisi tersebut.

Sejumlah usulan dari berbagai pihak kepada PSSI dan PT LIB agar menyelenggarakan kompetisi tanpa penonton pada bulan Juli nanti, opsi ini juga menjadi pertimbangan di berbagai Negara seperti Spanyol, Inggris, Perancis dan Italia.

Akan tetapi jika kompetisi ini digelar tanpa suporter maka akan sulit, mengingat fanatisme suporter klub-klub yang ada di Indonesia ini tinggi dalam mendukung tim kebanggaannya, bahkan pastinya akan banyak suporter yang nekat datang meski berada diluar stadion yang hal ini juga menyalahi aturan social distancing dan physical distancing yang sudah diterapkan pemerintah, sehingga sangat membahayakan dan merepotkan banyak pihak dikarenakan PSBB yang diberlakukan dibanyak daerah terjangkit corona.

Disisi lain mandeknya kompetisi liga Indonesia, para pemain tetap melakukan aktifitas seperti biasanya, berbagai kegiatan juga dilakukan para pemain untuk mengisi kekosongan jadwal liga yang sempat tertunda karena wabah corona ini, tak hanya latihan rutin dirumah, melainkan juga mengisi kekosongan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tapi tak sedikit juga para pemain yang mengisi kekosongan jadwal latihan dengan bermain game.

Berbeda dari kebanyakan pemain lain yang mengisi dengan latihan sendiri dirumah, bermain game atau menghabiskan bersama keluarga, Adam Alis Setyono pemain Bhayangkara FC mengisi hal tersebut dengan berbisnis berupa kafe untuk menambah penghasilan sampingan.

Selain itu Gian Zola, pemain muda Persib ini juga mendirikan bisnis ayam geprek, meski sempat tutup pekan lalu karena corona, akan tetapi pekan ini rencananya akan dibuka kembali agar bisa melayani pelanggan kembali.

Kegiatan tak biasa juga dilakukan salah satu pemain Barito Putra yakni Bayu Pradana, ia mengisi kekosongan jadwal latihan tersebut dengan menjadi kuli bangunan dengan membangun garasi dirumahnya.

Selain Bayu, salah satu veteran TIMNAS Senior yang juga Kapten Persita Tangerang yakni Hamka Hamzah, menjadi youtuber dengan chanel nya “Hamka Story 23” kontennya berisi perihal kegiatan sehari-hari, terkadang juga mengajak kolaborasi dan wawancara dengan rekan sesama pemain, hal itu ia lakukan untuk mengisi kekosongan waktu dan sebagai pekerjaan sampingan.