Kenalan yuk dengan Suporter Bola di Indonesia

Bola merupakan olahraga yang tidak akan pernah bosan untuk dimainkan, bahkan dilihat. Dari sanalah muncul para pendukung sepak bola ini. Berawal dari kegemaran menonton para pemain. Oleh karena itu banyak orang yang mendaftarkan dirinya menjadi suporter bola untuk tahu informasi pertandingan. Hal yan paling membahagiakan juga adalah bisa melihat idola di arena permainan.

1. Bonek

Jawadari Bondo Nekat adalah kepanjangan dari Bonek. Perkumpulan pendukung kesebelasan Surabaya ini menjadi terkenal karena sering bertindak anarkis jika idolanya kalah. Juga suka berprilaku brutal. Bahkan ada yang sampai mengorbankan nyawa akibat dari aksi sembrono suporter itu. namun, hal itu perlahan berangsur mulai diubah sehingga sudah mendukung dengan aksi damai.

2. The Jakmania

Kelompok pendukung Persija Jakarta ini berdiri di tahun 1997. Banyak kegiatan yang dilakukan para suporter bola ini seperti mengadakan pertemuan demi kelancaraan club yang mereka dukung.

3. Aremania

Arema malang memiliki suporter yang dikenal dengan nama aremania. Tim suporter ini berdiri sendiri tidak masuk di dalam kepengurusan klub. Tim ini termasuk yang sangat sportif dalam mendukung pemainnya tidak peduli kalah atau menang.

4. Pusamania

Pendukung kesebelasan Samarinda ini dikenal dengan nama pusamania. Kehadiran suporter bola ini juga mampu membangkitkan antusiasme pemain untuk menang di arena permainan. Hal tersebutlah yang mendasari suporter samarinda itu bersatu.

5. Smeck Hooligan

Suporter bola ini berada di medan. Kehadiran klub pendukung ini juga merupakan pemekaran dari klub suporter lainnya. Klub ini kepanjangan dari suporter medan cinta kinantan sementara itu hooligan diadaptasi dari nama suporter Inggris.

6. Panser Biru

Organisasi super fanatik di Semarang ini bernama Panser Biru. Tragedi manahan yang merupakan cikal bakal lahirnya klub ini. Kejadian itu sangat memilukan dengan jatuhnya banyak korban secara fisik dan juga mentalnya. Untuk itulah pembentukan suporter baru Semarang ini memberikan angin segar pada jalannya pertandingan dan menciptakan kedamaian.

7. The Macz Man

Suporter PSM Makasar juga termasuk paling lama berdiri. Sehingga pendukungnya sangat fanatik. Klub suporter ini memiliki andil dalam perjalanan karir sepak bola makasar. berkat dukungan penuh dari para suporter.

Setiap daerah memiliki suporter bola masing-masing. Namun, tidak semuanya dikenal masyarakat luas. Ada juga yang memiiki nama tapi dikenal dengan aksi anarkis. Hal tersebutlah yang membuat citra buruk melekat pada suporter bola Indonesia.

Padahal tidak semuanya. Banyak juga pendukung sepak bola yang mengedepankan perdamainan. Memang aksi brutal itu tidak bisa diprediksi, tapi dengan kejadian di masa lalu bisa menjadi cermin untuk memperbaiki nama klub dan tetap berfokus untuk mendukung sepenuhnya klub pemain.