Dampak Penggunaan Gawai pada Gaya Hidup Masa Kini

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat manusia lebih mudah untuk berkomunikasi dan menemukan segala solusi dalam permasalahan yang ada. Masyarakat luas mengenalnya dengan istilah menggenggam dunia dengan satu tangan.

Ya, siapa yang tidak tahu gadget atau handpone atau gawai? Semua orang tentunya familiar dengan teknologi imut dan canggih yang satu ini, kecil tapi beribu-ribu manfaatnya. Mulai dari usia lanjut hingga usia yang masih sangat muda, bahkan balita sudah mengenal dan dapat mengoperasikan gadget.

Teknologi satu ini memiliki beragam bentuk dan jenisnya. Para produsen dan pengembang teknologi berlomba-lomba untuk menghadirkan gadget yang dapat membantu aktivitas manusia dan tentunya diminati oleh para pecandu perkembangan teknologi.

Gadget sudah beralih fungsi, yang awalnya menjadi kebutuhan kini menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Penyajian fitur-fitur yang unik banyak menarik minat konsumen untuk selalu meng-update teknologi yang sudah dimiliki.

Fitur-fitur canggih itu tidak hanya menarik orang dewasa saja, akan tetapi anak dibawah umur bahkan balita yang belum genap berjalan untuk memainkan gawai tersebut. Lalu apa saja dampak dari pemakaian gawai itu?

Dampak gawai pada gaya hidup masa kini

Gadget atau gawai yang umumnya berbentuk persegi panjang itu mudah untuk dibawa ke berbagai tempat dimanapun si pengguna berada. Bagi orang yang melihatnya khususnya para orangtua menilai generasi sekarang adalah generasi “menunduk”, hal ini karena seringnya menunduk melihat ke arah gadget yang dipegangnya.

Lalu bagaimana dampaknya bagi si pengguna? Penggunaan gadget secara berkepanjangan tentu akan menimbulkan dampak kesehatan bagi si pengguna khususnya pada mata. Terlalu sering dan lamanya memandang layar gadget dapat mengurangi kinerja mata kita dan bahkan dapat menggangu kesehatan mata kita yang nantinya akan berdampak serius.

Apa yang bisa terjadi pada mata kita jika terlalu lama memandang gadget? Jika terlalu lama memandang gadget mata kita bisa kering, penglihatan buram, penglihatan buram, pusing, dan ada rasa tidak nyaman pada mata saat melihat. Buruk sekali bukan dampaknya?

Selain kesehatan, penggunaan gadget yang terlalu lama dan sering dapat memberikan dampaknya pada gaya hidup kita, seperti kecanduan pada gadget, sehingga jika tidak memegang gadget sebentar saja bisa menimbulkan rasa cemas pada diri kita.

Selain berdampak pada gaya hidup orang dewasa, pengguaan gadget juga memberikan dampak pada anak kecil khususnya usia balita yang sering memainkan layar gadget, seperti kurangnya bermain diluar dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.Hal ini kemudian akan berujung pada kecanduan dan sang balita akan “rewel” jika tidak memainkan gadget tersbut.

Masih banyak dampak lainnya, jadi sikapi semua perkembangan teknologi dengan hal yang positif ya!