Dampak Buruk Kecanduan Gadget Bagi Orang Tua dan Anak

Meskipun memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan sekarang, namun jika terlalu sering bermain gadget terutama bagi orang tua dan anak akan memiliki dampak buruk kecanduan gadget. Di era modern hampir semua lapisan masyarakt memiliki smartphone atau gadget.

Smartphone banyak membantu kehidupan modern masyarat dalam hal bisnis, ilmu pengetahuan, komunikasi, permainan, dan masih banyak lagi. Namun apabila digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan gangguan medis. Kecanduan gadget secara berlebih disebut dalam istilah medis dengan SDD (Screen Dependency Disorder).

Dampak Buruk Gadget untuk Orang Tua

Orang tua sekarang banyak memanfaatkan gadget untuk melakukan pekerjaan, membangun relasi maupun menonton hiburan. Hal tersebut tidak dimasalahkan jika dilakukan dalam porsi wajar. Namun jika dilakukan berlebihan akan menimbulkan efek negatif,diantaranya:

1. Dampak bagi kesehatan

Terlalu lama terpapar radiasi dari layer gadget dapat mengakibatkan mata kering, ngeri pada punggung, jika memainkan gadget hingga larut malam dan terlalu sering hal ini juga menyebabkan gangguang tidur (insomnia).

2. Dampak bagi hubungan keluarga

Jika ibu dan bapak lebih sering memainkan gadget maka hal ini juga akan ditiru oleh sang anak dan mengakibatkan kerenggangan hubungan emosional antara suami-istri maupun orang tua-anak. Berdampak pada kurangnya komunikasi diantara keluarga.

Dampak Gadget Buruk untuk Anak

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan dalam keluarga, lingkungan maupun pendidikan. Apalagi dimasa golden age (0-3 tahun) adalah masa penentuan anak. Jika orang tua terlalu memanjakan dengan smartphone tidak dipungkiri akan terjadi dampak buruk kecanduan gadget yang ditimbulkan untuk anak diantaranya:

1. Dampak psikis

Anak yang sudah kecanduan gadget akan menjadi mudah emosional apabila orang tua tidak memberikannya gadget. Dia akan menjadi mudah tersinggung dan sulit mengendalikan emosi. Padahal kemampuan ini perlu dilatih sejak dini untuk mengembangkan masa depannya. Mudah merasa cemas, kesepian, depresi, perubahaan suasana hati yang tiba-tiba serta cenderung mengisolasi diri.

2. Dampak fisik

Dampak paling umum bagi kesehatan fisik yang ditimbulkan karena gadget adalah kesehatan mata. Akibat sering terpapar cahaya dari layar smarphone banyak sekarang anak masih kecik sudah mengalami mata minus maupun myopia

Terlalu sering menonton gadget membuat anak kurang melakukan komunikasi verbal dan hal ini mengakibatkan anak terlambat bicara. Anak menjadi kurang gerak dan bisa mengakibatkan kegemukan maupun gangguan kesehatan lain diusia dini.

3. Pengaruh dalam bersosial dalam lingkungan

Anak yang kecanduan bermain gadget tentu dia tidak melakukan kegiatan bermain permainan anak-anak diluar, tidak bermain dengan teman-teman sebaya. Padahal hal ini sangat penting untuk membentuk kemampuan komunikasi dan berfikir menyelesaikan masalah anak terhadap kondisi sekitar. Anak akan menganggap tidak membutuhkan orang lain dan cenderung kurang bisa bersosial.

Gadget memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan. Kita gunakan kegunaan positifnya tapi jangan sampai dampak buruk kecanduan gadget meracuni masa depan orang yang kita sayang.