Begini Cara Membuat Artikel Menarik, Pemula Wajib Tahu

Cara membuat artikel menarik memang bukan hal yang mudah. Diperlukan latihan dan wawasan yang luas sehingga memunculkan ide-ide kreatif untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Banyak penulis pemula yang membuat sebuah tulisan hanya berdasarkan apa yang terlintas dalam pikiran lalu mempostingnya di blog pribadi.

Beberapa netizen mungkin tidak mempermasalahkannya, namun ada juga yang merasa hal itu belumlah benar. Jika ingin membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel anda, maka ada beberapa struktur artikel yang harus diperhatikan saat membuat sebuah tulisan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips atau cara membuat artikel menarik yang wajib anda simak.

Carilah Ide Semenarik Mungkin

Hal paling utama sebelum membuat sebuah tulisan adalah mencari ide yang cemerlang untuk artikel anda. Berpikirlah tentang ide seperti apa yang bisa membuat artikel menarik untuk dibaca. Seperti yang kita tahu, segala hal besar bermula dari sebuah ide yang cemerlang.

Ide-ide tersebut bisa anda temukan kapan saja dan dimana saja, seperti saat bersantai, berinteraksi dengan orang lain, atau mungkin saat anda membaca artikel orang lain. Karena itulah jangan lupa untuk selalu membawa sebuah notes agar tidak lupa dan bisa mencatatnya.

Cara Membuat Artikel Menarik Adalah Menentukan Topiknya

Anda mungkin berpikir kalau menentukan sebuah topik adalah hal yang sepele. Padahal sebenarnya hal ini sangatlah penting. Karena setiap hari ada jutaan konten artikel yang diposting dan mungkin hanya 70 persennya saja yang mendapat banyak kunjungan. Lalu kenapa sebagian artikel lain kurang diminati? Ini alasannya.

  1. Topik artikelnya tidak jelas
  2. Topik yang dipilih kurang menarik bagi kebanyakan orang
  3. Kurang menguasai atau mintai topik yang dipilih sehingga isi tulisannya jadi kurang berkualitas

Nah, agar tulisan anda bagus, maka wajib untuk memilih topik yang sesuai dengan minat anda dan dianggap menarik oleh kebanyakan orang. Kalau anda saja kurang paham dengan topik yang ditulis, lalu bagaimana orang lain akan tertarik?

Pilih Judul Artikel Yang Nampol

Judul merupakan penentu apakah artikel tersebut akan dibaca ataukah tidak pengguna internet. Sebaik apapun tulisan artikel, tidak akan berguna kalau anda salah menuliskan judul. Tulislah judul yang membuat pembaca merasa penasaran dengan isi artikelnya. Bisa dibilang inilah salah satu cara membuat artikel menarik paling penting.

Mungkin anda membutuhkan rekomendasi jasa penulis artikel dapat menghubungi team SahabatArtikel

Biar Tidak Bosan, Gunakan Juga Heading Pada Artikel

Heading akan memudahkan pembaca untuk memahami informasi dari sebuah artikel. Hal ini dikarenakan, tidak semua orang membaca isi artikel secara menyeluruh. Dalam sebuah blog misalnya, penggunaan tag heading dapat mempermudah mesin pencari untuk mengindex tulisan. Selain itu, heading membantu pengguna untuk menyortir halaman lebih cepat.

Isi Dengan Konten Berkualitas Dan Tutup Dengan Kalimat Berkesan

Tulisan yang berkulitas tidak akan akan berputar terlalu jauh dari topik dan tujuannya. Tulislah artikel yang akurat untuk menyampaikan informasi. Berikan juga data dan fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Agar artikel anda makin berkesan berilah kalimat penutup yang dapat memberikan kesimpulan mengenai inti artikel tersebut.

Jadi kalau anda pernah melihat seseorang menulis artikel dengan cepat, bagus dan mudah, jangan terlalu kagum dulu. Karena mungkin saja dulunya dia juga tidak pandai menulis. Sekarang ayo praktikkan cara membuat artikel menarik ini dalam tulisan anda. Oh ya, sertakan pula gambar semenarik mungkin agar artikel lebih berwarna dan pembaca tidak merasa jenuh.